Senin, 15 Desember 2014

Do You Want to be A Great Leader? Learn Management & Organization

                Manajemen adalah kegiatan pokok yang dilakukan seorang manajer untuk mengolah input menjadi output yang diinginkan. Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Manajemen dan organisasi adalah dua hal yang saling berkaitan, manajemen digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada semaksimal mungkin, dengan kata lain manajemen digunakan untuk mencapai tujuan organisasi dengan se-efektif dan se-efisien mungkin.

                Mempelajari manajemen dan organisasi sangatlah penting bagi semua manusia, mengapa? Karena dalam studi ini kita diajarkan bagaimana seorang pemimpin dapat menjalankan aktivitas organisasi dengan sangat baik, bahkan dengan efektif dan efisien agar tujuan organisasi yang direncanakan dari awal tercapai. Berbicara tentang hal ini, terdapat 4 fungsi manajemen, yaitu :
  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Penggerakan (Actuating)
  4. Pengawasan (Controlling)
Planning adalah kegiatan merencanakan tujuan organisasi, dan menentukan cara yang terbaik
untuk mewujudkannya. Dalam organizing, adalah langkah untuk merancang, menetapkan, menggolongkan, dan mengatur berbagai macam kegiatan. Manajer juga harus dapat menggerakkan bawahannya untuk bekerja, dalam hal ini berkaitan dengan menjaga hubungan baik antara atasan dan bawahan, selalu memotivasi untuk jadi lebih baik. Melalukan controlling merupakan hal yang mutlak dilakukan agar dapat memastikan organisasinya “stay on the track”.
               
                Mengapa manajaemen dapat mencapai tujuan organisasi se-efektif dan se-efisien mungkin? Di MO ini juga mempelajari bagaimana mengatur penjadwalan, dan mengkoordinasi bagian-bagian pekerjaan dalam suatu proyek. Hal ini dipelajari di TRANSPORTAION, CPM dan PERT untuk megatur waktu dan biaya seminimal mungkin dalam suatu kegiatan. Menganalasis sebuah organisasi juga sangat diperlukan, mengingat melihat bagaimana kondisi saat ini dan hal apa saja yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Analisis ini dapat dilakukan dengan teori SWOT. Menganalisis kelebihan, kekurangan, kesempatan, dan ancaman dilakukan juga dalam pengambilan keputusan.

                Jika kita berbicara tentang Manajemen & Organisasi, tidak lepas hubungannya dengan Human Resource Development. Ya, ini adalah bagian yang penting bagi keberlangsungan organisasi. Sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan oleh organisasi lebih diterima daripada sumber daya yang lain. Maksudnya adalah organisasi kerap kali tidak menerima orang yang sangat pintar maupun yang bodoh. Hal ini dilakukan agar orang tersebut tidak membahayakan organisasi. Pemikiran seperti ini sebagai antisipasi karena orang-orang pintar lebih bersifat individual dan memberontak, sementara organisasi butuh sumber daya yang dapat bekerja sama dalam tim, yang dibutuhkan oleh organisasi.
               
                Pemimpin juga harus dapat mengetahui kepribadian antar anggotanya dalam sebuah organisasi. Segala bentuk persepsi harus dapat dipandang dari berbagai sisi oleh manajer, hal ini berkaitan dengan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan sangatlah penting agar tujuan organisasi tidak melenceng, maka manajer harus dapat mempelajari semua faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan. Salah satunya tadi yaitu tentang kepribadian dan persepsi.
               
                 Monitoring dan evaluasi. Hubungan dua hal ini dengan MO adalah dalam sebuah organisasi dan kegiatan yang dilakukan, harus disertakan monitoring dan evaluasi. Monitoring adalah pengawasan yang dilakukan setiap saat, untuk memantau perkembangan di sebuah organisasi. Evaluasi adalah sebuah pengawasan yang dilakukan pada saat-saat tertentu untuk melihat hasil dari proses yang telah dilakukan.
               
                Inilah Manajemen & Organisasi. Seorang pemimpin harus menguasai ini untuk menjadi pemimpin yang hebat. Tetaplah bermimpi dan berusaha, karena bermimpi itu gratis, dan berusaha adalah proses yang harus dinikmati untuk mencapai tujuan.  Berhenti berkata menjadi yang terbaik, berusahalah dengan sebaik-baiknya, karena totalitas adalah pengantar meraih kesuksesan.
               
                Sebelum berakhir, saya ingin mengucapkanterima kasih dan memohon maaf kepada dosen saya bernama Sholiq, S.T., M.Kom. yang selama satu semester ini mengajar saya di mata kuliah Manajemen & Organisasi. Beliau sangat santai dan menyenangkan, walaupun saya sering telat masuk, namun beliau tetap memberikan toleransi kepada saya. Terima kasih Pak Sholiq. Maaf jika saya sering terlambat dan belum bisa mengatur waktu dengan baik. Pak Sholiq yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar